Kebiasaan Baru Saat Bepergian di Era New Normal
/ / Security

Sudah lebih dari 4 bulan hidup kita mulai berubah akibat pandemi Covid-19. Pemakaian masker, face shield sudah menjadi suatu kewajaran. Antrian dengan menjaga jarak sekarang menjadi normal, baik itu ketika pergi ke supermarket, atau sekedar take away di restoran/café.

Angkutan umum juga terlihat sangat berbeda, dengan jarak sosial di tempat duduk penumpang, pengecekan suhu tubuh serta tempat cuci tangan portable di berbagai tempat.

Hal-hal kecil yang biasa dilakukan juga telah berubah. Tidak ada lagi olahraga bersama komunitas, tidak ada lagi makan siang bersama teman-teman di cafe, dan salon-salon tutup karena pandemi.

Orang jadi makin hati-hati saat mendengar seseorang batuk, pilek atau bersin di tempat umum, dan menjadi sangat waspada terhadap gejala-gejala Covid-19. Pembatasan sosial pun mau tidak mau membuat orang akhirnya lebih banyak di rumah dan menunda keinginan untuk berlibur terkecuali untuk urusan pekerjaan ataupun darurat.

Namun, dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya memakai masker dan jaga jarak selama pandemi Covid-19, perlahan kini kita semua bisa mulai beraktivitas di luar ruangan dan bersiap menuju new normal.

Hal ini menjadi kabar baik, karena itu berarti kita sudah mulai bisa melakukan aktivitas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Salah satunya yang bisa dilakukan adalah traveling, baik untuk liburan atau urusan pekerjaan.

Diharapkan dengan menerapkan kebiasaan baru dimanapun, semakin mudah dan cepat menjadi norma individu dan norma masyarakat. Dengan demikian, kita bisa bekerja, belajar, beribadah dan beraktivitas lainnya seperti traveling dengan aman, sehat dan produktif.

Perlindungan dari SOMPO Untukmu

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang, baik di dalam maupun dari luar negeri, dalam masa normal baru atau new normal.

Peraturan yang dikeluarkan pada Jumat 26 Juni 2020, menyebutkan bahwa setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Di mana untuk yang melakukan perjalanan dalam negeri dengan kendaraan pribadi dihimbau untuk bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sementara setiap orang yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum darat, perkeretaapian, laut dan udara diminta untuk memenuhi beberapa persyaratan seperti menunjukkan identitas diri yang sah, menunjukkan hasil tes bebas corona, dan menunjukkan surat keterangan bebas gejala influenza dari instansi kesehatan bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR atau Rapid-Test.

Kabar tersebut tentu membawa angin segar untuk kita semua yang mungkin agenda travelingnya tertunda akibat karantina mandiri beberapa waktu lalu. Kini kamu bisa merencanakan ulang kapan akan traveling di era menuju new normal ini.

Namun, saat mengunjungi tempat baru, kita tidak pernah tahu kebersihan dari tempat tujuan kita, jadi sudah sewajibnya kita juga melakukan pencegahan dengan membawa alat perlindungan diri untuk meminimalasir penularan Covid-19.

Agar semakin lengkap, kalian bisa memiliki Asuransi Perjalanan dari Sompo yang hadir untuk membantu kamu dalam meminimalkan potensi risiko dan segala konsekuensi yang terjadi ketika kamu bepergian untuk keperluan bisnis atau liburan.

Rencana perjalanan pun jadi makin nyaman karena perlindungan maksimal dari Sompo. Yuk segera daftarkan diri dan keluarga dan nikmati benefitnya!

*Artikel diambil dari berbagai sumber