Perlindungan Diri Saat Pandemi

/ / Health & Lifestyle

Tanpa disadari, tubuh kita selalu dikelilingi oleh patogen berbahaya seperti bakteri, virus, parasit, bahkan jamur yang berpotensi membuat kita sakit. Namun fakta menariknya, tubuh memiliki sistem kekebalan atau imunitas yang dirancang untuk membantu tubuh melawan berbagai ancaman penyakit apapun.

Itu sebabnya, menjaga imunitas tubuh adalah kunci penting untuk tetap bertahan di situasi pandemi seperti saat ini. Lantas, bagaimana cara kerja sistem imunitas dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit?

Cara Kerja Sistem Imunitas

Sistem kekebalan adalah sistem pertahanan alami tubuh. Merupakan sekumpulan jaringan sel yang bersatu untuk mempertahankan tubuh dari patogen berbahaya. Jika ada patogen yang berhasil masuk tubuh, sistem kekebalan menghasilkan sel darah putih, dan protein lain yang menyerang dan menghancurkan benda asing tersebut lalu mencoba menemukan antigen dan menyingkirkannya sebelum dapat bereproduksi.

Ketika berfungsi dengan baik, sistem pertahanan yang rumit ini dapat menjaga masalah kesehatan mulai dari flu biasa hingga kanker. Sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan berbagai cara untuk menyingkirkan ancaman berbahaya bagi tubuh kita.

Misalnya, ketika terjadi infeksi lokal yang disebabkan bakteri, maka sistem imunitas merespon dengan membentuk peradangan seperti bisul. Ketika terjadi infeksi umum seperti flu, sistem kekebalan tubuh menghasilkan respon peradangan seperti demam.

Indonesia Menuju Normal Baru, Amankah Untuk Keluar Rumah?

Pemerintah Indonesia perlahan memberlakukan normal baru dimana orang-orang sudah diperbolehkan untuk beraktvitas di luar dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Namun apakah sudah aman jika kita berada di luar rumah saat pandemi Covid-19 belum benar-benar reda?

Sebenarnya bisa dikatakan belum aman sampai corona dinyatakan benar-benar hilang, namun kita boleh tetap beraktivitas di luar selama kita paham apa saja tanda-tanda yang patut diwaspadai serta tetap terus memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh tetap kuat agar tidak mudah tertular penyakit apapun.

Tanda Imunitas Yang Menurun

Tahukah kamu? Menurut sebuah laporan oleh American Psychological Association, stres jangka panjang melemahkan respons sistem kekebalan. Itu karena stres menurunkan limfosit tubuh, sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Semakin rendah kadar limfosit seseorang, semakin berisiko terkena virus.

Kalau kamu sering mengalami diare, gas, atau sembelit, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang terganggu. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 70 persen sistem kekebalan berada di saluran pencernaan. Bakteri dan mikroorganisme bermanfaat yang hidup di sana melindungi usus kita dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Jumlah yang rendah dari bakteri usus yang membantu ini dapat membuat kamu berisiko terhadap virus, peradangan kronis, dan bahkan gangguan autoimun.

Oya, ngidam makanan manis juga patut diwaspadai sebagai tanda kekebalan tubuh menurun lho. Setiap kali kita merasa lelah, tubuh cenderung tertarik pada makanan tinggi gula yang memberi kita perasaan bahagia. Itulah kenapa penting untuk selalu menjaga keseimbangan asupan gizi dan kebutuhan tubuh, demi menjaga sistem kekebalan tubuh menghadapi infeksi.

Cara Menjaga Imunitas

Untuk mengatasi situasi seperti itu, ada beberapa hal kebiasaan atau gaya hidup yang bisa kamu perhatikan, salah satunya menerapkan pola makan sehat dengan konsumsi buah, sayur, protein secara seimbang, tahan diri dari makanan bergula, junk food dan kemasan, tetap terhidrasi dengan air mineral, beraktivitas fisik, serta hindari stres

Selain melakukan kelima hal di atas, kamu juga bisa memberikan perlindungan terhadap diri sendiri dan keluarga kamu dengan memiliki asuransi kesehatan. Berbagai keuntungan yang didapat dengan memiliki asuransi kesehatan bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang.

Ketenangan tersebut akan muncul karena kamu sudah memiliki hak untuk mendapatkan layanan medis serta mengatasi masalah kesehatan dengan beban yang tidak berat. Salah satu asuransi kesehatan yang bisa kamu dan keluarga kamu miliki adalah asuransi Sompo. Ketahui lebih lengkap tentang produk asuransi Sompo di sini yuk https://sompokini.com/