Wajib Tahu, Berikut Hal-hal yang Membuat Asuransi Kendaraan Jadi Tidak Berlaku

/ / Security

Agar kendaraan yang kamu miliki terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, penting untuk memiliki asuransi kendaraan. Asuransi ini mencakup kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor dan atau biaya yang dipertanggungkan secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau jatuh ke dalam; Tindakan berbahaya; Pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti oleh kekerasan atau ancaman kekerasan.

Juga yang disebabkan kebakaran, termasuk kebakaran yang diakibatkan oleh kebakaran ke objek terdekat atau tempat penyimpanan kendaraan bermotor, api yang disebabkan oleh petir, kerusakan yang disebabkan oleh air dan atau peralatan lain yang digunakan untuk mencegah atau memadamkan api, kerusakan total atau sebagian dari kendaraan bermotor atas perintah pihak berwenang dalam upaya untuk mencegah penyebaran api lebih lanjut.

Kehilangan atau kerusakan yang disebabkan oleh suatu peristiwa selama kendaraan bermotor di atas kapal untuk tujuan penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, termasuk kehilangan atau kerusakan karena kecelakaan kapal.

Melihat banyaknya yang bisa ditanggung oleh asuransi kendaraan bermotor, maka sudah pasti wajib nih untuk kamu punya asuransi kendaraan bermotor.

Hal-hal yang Dapat Menggugurkan Klaim Asuransi Kendaraan

Selain mengantongi garansi resmi dari pabrikan, pemilik kendaraan baru sebaiknya juga melengkapi diri dengan mendaftarkan mobil ke perusahaan penyedia jasa asuransi. Hanya saja, ada beberapa hal nih yang bisa memengaruhi klaim kendaraan disetujui atau ditolak oleh perusahaan.

Salah satunya adalah polis sedang tidak aktif (Lapse). Polis asuransi bisa berada dalam keadaan tidak aktif karena beberapa keadaan. Keadaan tidak aktif ini disebut juga dengan lapse. Pihak asuransi tidak bersedia membayar klaim asuransi bila polis sedang lapse. Bayarlah premi asuransi tepat waktu atau setidaknya tidak sampai akhir masa tenggang.

Alasan kedua adalah klaim tidak tercakup dalam klausul polis. Asuransi berisi kesepakatan yang meliputi kriteria-kriteria apa yang masuk dan tidak masuk dalam tanggungan asuransi. Dalam asuransi mobil TLO, apa yang dimaksud dengan rusak berat bisa jadi berbeda-beda antara satu asuransi dengan asuransi lain. Bisa jadi minimal 70%, 75%, bahkan 80%. Jadi, asuransi tidak akan menanggung pembiayaan kerusakan, bila kerusakan tidak mencapai persentase yang disepakati.

Alasan ketiga adalah pengajuan klaim melebihi waktu yang ditentukan. Klaim asuransi dapat tertunda atau bahkan tertolak bila pengurusan klaim melebihi waktu yang telah ditentukan di dalam polis. Asuransi selalu memberikan batas waktu tertentu untuk pengurusan klaim. Lewat dari itu, klaim bisa ditolak. Klaim asuransi mobil harus segera diurus karena batas waktunya pendek, hanya 3 x 24 jam.

Alasan keempat biasanya karena dokumen klaim tidak lengkap. Pastikan mengetahui semua dokumen yang harus disediakan saat hendak mengajukan klaim. Satu saja dokumen yang kurang, asuransi akan menolak klaim.

Alasan kelima adalah berada pada masa tunggu (Waiting Period). Pada jenis-jenis asuransi tertentu, biasanya ada kebijakan yang dinamakan masa tunggu. Pembeli polis asuransi tidak akan dapat mengajukan klaim bila sedang dalam masa tunggu.

Perlindungan Asuransi Kendaraan dari SOMPO

Asuransi kendaraan dari Sompo bisa jadi alternatif asuransi yang menguntungkan buat kamu. Asuransi kendaraan dari Sompo menawarkan 3 jenis cakupan.

Yang pertama adalah komprehensif / semua risiko, dimana Sompo akan memberikan perlindungan total untuk kendaraan kecuali jika disebutkan dalam pengecualian kebijakan.

Cakupan yang kedua adalah total rugi saja (TLO) dimana Sompo akan memberikan kompensasi yang disebabkan oleh kehilangan atau kerusakan di mana biaya perbaikan sama atau lebih dari 75% dari nilai aktual kendaraan (Kehilangan Total Konstruktif) atau Pencurian.

Kemudian dalam cakupan ekstensi tambahan yaitu kewajiban pihak ketiga, kecelakaan pribadi untuk penumpang dan pengemudi, banjir dan badai angin, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.

*dari berbagai sumber