Waspada Wabah Penyakit Tropis

/ / Health & Lifestyle

Dalam beberapa bulan terakhir, ada perubahan drastis lho dalam hidup kita. Lihat saja bagaimana kita jadi sangat peduli dan lebih memilih aktivitas yang menjaga kesehatan. Menjalankan protokol kesehatan selain wajib dilakukan juga jadi bagian dari gaya hidup saat ini. Hal ini serta merta dilakukan untuk mencegah tubuh kita tertular dari Covid-19.

Apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya memiliki gaya hidup yang aktif. Gaya hidup yang pasif atau diam saja bisa dikorelasikan dengan peningkatan risiko penyakit dan penurunan kekebalan tubuh. Selain efeknya yang dapat membuat tubuh rentan terkena Covid-19 juga rentan terkena penyakit yang tidak kita duga sebelumnya.

Siapa sangka penyakit tropis tanpa disadari juga mewabah di Indonesia. Demam berdarah contohnya. Untuk alasan itu, menjaga kesehatan tubuh, menjalankan protokol kesehatan dan menjaga lingkungan sekitar bersih menjadi hal sangat penting selama pandemi Corona.

Pentingnya Menjaga Keluarga Dari Penyakit Tropis

Penyakit tropis merupakan penyakit infeksi yang banyak terjadi di wilayah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Tingginya kasus penyakit infeksi di daerah tropis disebabkan oleh faktor iklim, seperti suhu hangat dan kelembapan serta curah hujan yang tinggi. Biasanya virus tersebut dibawa oleh nyamuk atau lalat.

Selain itu, faktor lingkungan, seperti kebersihan dan sanitasi yang kurang baik, juga turut menjadi penyebab mengapa penyakit tropis masih banyak terjadi di beberapa negara.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit tropis yang terdapat di Indonesia:

  1. Demam berdarah
  2. Kaki Gajah
  3. Malaria
  4. Chikungunya
  5. Tifus

Beberapa penyakit tropis di atas, di Indonesia angkanya masih terbilang tinggi. Bahkan untuk demam berdarah saja Kemenkes mengungkapkan pada (bulan dan tahun data dibuat) ada 68.000 kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia. Ribuan kasus ini tersebar di 460 kabupaten dan kota.

Tentu hal ini jadi pengingat kepada kita agar kita selalu menjaga kesehatan sekaligus melindungi diri dan keluarga dengan proteksi kesehatan yang memadai.

Cara Melindungi Keluarga Tanpa Beban Finansial

Kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan sakit, mengingat ongkos alat pelindung diri (APD) yang menjadi standar di seluruh rumah sakit mengakibatkan tingginya biaya, sehingga rasanya penting untuk berpikir lebih maju ke depan mempertimbangkan memiliki asuransi kesehatan.

Di rumah sakit di Jakarta misalnya, untuk ruang perawatan umum berkisar antara Rp 275.000 sampai Rp 1.525.000 per pasien/kamar ini tanpa tambahan APD ya. Jadi, yuk rencanakan dan siapkan diri jauh-jauh hari.

Memilih asuransi kesehatan pun susah-susah gampang. Namun ada satu hal yang bisa membuat kita lebih tenang yaitu, memilih asuransi khusus penyakit tertentu dengan harga premi yang terjangkau, mudah dibeli dan pelaporan klaim yang handal. Contohnya asuransi penyakit tropis dari Sompo Insurance.

Produk Asuransi Penyakit Tropis Sompo Insurance, hadir dengan premi terjangkau mulai dari Rp100ribu per orang untuk satu tahun perlindungan lho. Produk ini memberikan manfaat santunan tunai harian rawat inap apabila positif terkena penyakit tropis di atas tadi.

Nah, mempertimbangkan tambahan proteksi untuk kita dan keluarga mencerminkan perencanaan diri dan keluarga yang baik lho dari sisi finansial. Tak hanya itu saja, menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan sekitar harus di jadikan menu wajib gaya hidup kita saat ini agar tetap selalu bugar, sehat dan aman terlindungi.

*dari berbagai sumber