Ingin puasa lancar sambil tetap jaga imun? Ini dia tipsnya!

/ / Uncategorized

Bulan Ramadhan sudah tiba! Sayangnya masa pandemi belum berakhir, namun bukan berarti kamu tidak bisa melewati bulan puasa dengan aman dan lancar. Yang penting, tetap jaga imun agar kamu bisa berpuasa penuh sambil terus beraktivitas. Bagaimana caranya? 

Nutrisi Lengkap

Jaga gizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa. Sayur dan buah-buahan segar sangat dianjurkan untuk menutrisi tubuhmu agar lancar berpuasa. Pastikan pula kamu minum air mineral setidaknya delapan gelas sehari untuk menghindari dehidrasi. Mengonsumsi vitamin tambahan seperti vitamin C dan zinc juga kerap dianjurkan untuk menaikkan imun tubuh. 

Vaksin? Tidak Masalah

Buat kamu yang memiliki jadwal suntik vaksin Covid-19 saat bulan Ramadhan, jangan ragu. Dalam fatwa Nomor 13 Tahun 2021 yang dikeluarkan bulan Maret lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menyatakan bahwa suntik vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa. Kamu hanya dianjurkan untuk tidur cukup dan jangan lewatkan sahur sebelum vaksin dilakukan. Setelah vaksin, dengarkan tubuhmu ya. Jika kamu merasakan gejala tertentu yang membuatmu tidak dapat melanjutkan puasa, kamu mungkin akan dianjurkan untuk membatalkan puasa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Buka Bersama 

Buka bersama dengan keluarga besar atau teman-teman dekat untuk menjalin silaturahmi pasti jadi acara yang paling ditunggu-tunggu. Eits, jangan lupa tetap perhatikan protokol kesehatan ya. Agar lebih aman menjaga imun dan kesehatan tubuh, tak ada salahnya acara buka bersama tahun ini lebih banyak dilakukan secara virtual. Pasti tetap seru!

Ngabuburit sambil Olahraga

Berpuasa bukan berarti tidak menjaga kebugaran tubuh. Banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat berpuasa. Pilih olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging atau bersepeda di sekitar kompleks rumah atau ruang-ruang umum terbuka. Untuk yang tidak mau bepergian, kamu bisa mencari video instruktur yoga di internet dan mengikuti gerakannya dari rumahmu. Yang penting, mulai olahraga setidaknya dua jam sebelum waktu berbuka puasa.

Cek Gula Darah dan Lainnya

Agar puasamu lancar dan terhindar dari kendala kesehatan, sebaiknya kamu mengawali bulan Ramadhan ini dengan cek medis. Hal ini juga penting untuk mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Perkara biaya, tidak perlu khawatir. Sompo bekerja sama dengan laboratorium klinik yang memberikanmu kesempatan melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis, seperti mitra kami, Prodia.

*artikel diambil dari berbagai sumber