Khawatir Gula Darah dan Kolesterol Naik di Bulan Puasa? Cegah dari Sekarang!

/ / Uncategorized

Es sirup, kue donat dan kolak pasti segar dan nikmat sekali untuk disantap saat berbuka puasa. Eits, tapi jangan langsung melahap semuanya. Yakinkah kamu bahwa tingkat gula darah dan kolesterolmu dalam batas normal selama puasa? Setelah kurang-lebih 12 jam berpuasa, mungkin saja ada perubahan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuhmu. Jadi, jangan sampai kamu mengonsumsi gula dan lemak berlebih saat sahur dan buka puasa untuk menghindari datangnya penyakit yang tidak diinginkan. Bagaimana tipsnya? Simak di bawah ini!

Perhatikan Kadar Gula Darah

Terutama bagi kamu yang memiliki kadar gula darah tinggi, ada baiknya memperhatikan asupan gula selama bulan puasa ini. Hal ini untuk mencegah penyakit yang tak diinginkan, seperti diabetes dan darah kental yang bisa menyebabkan stroke. 

Caranya? Saat berbuka puasa, kamu bisa mengganti pemanis minumanmu dengan pemanis alami seperti madu atau gula aren. Untuk makanan, ganti kue-kue manis dengan buah-buahan segar, seperti kurma yang dapat mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi putih. Ini dikarenakan karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa atau gula di dalam tubuh. Kamu bisa mengganti nasi putih dengan karbohidrat kompleks, seperti beras merah dan oatmeal. 

Jaga Keseimbangan Kolesterol

Untuk kamu yang punya kadar kolesterol tinggi, puasa ternyata banyak manfaatnya. Beberapa di antaranya adalah puasa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, menurunkan resiko terkena penyakit jantung, mengurangi berat badan dan menjaga keseimbangan metabolisme. Tetap saja, kamu perlu memperhatikan asupanmu untuk memastikan keseimbangan kolesterolmu.

Nah, saat sahur dan berbuka, hindari mengonsumsi hidangan tinggi lemak jenuh, seperti daging merah. Kamu bisa menggantinya dengan pilihan makanan yang lebih sehat, seperti oatmeal dan ikan salmon. Kalau bosan dengan makanan di rumah, pastikan juga kamu tidak memesan makanan cepat saji atau jajan gorengan. Ganti dengan menu yang dimasak dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Hal ini untuk menghindari kamu dari resiko penyakit jantung dan penyakit lain yang disebabkan kolesterol tinggi.

Gaya Hidup Sehat dan Cek Kesehatan

Gaya hidup sehat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterolmu. Lakukan olahraga secara teratur, seperti yoga, berenang, bersepeda, jogging dan jalan kaki. Kurangi juga kebiasaan merokok, karena merokok dilansir dapat meningkatkan kadar kolesterol serta menambah resiko terkena penyakit jantung.

Yang penting, kenali tubuhmu sendiri. Jangan sampai juga kadar gula darah dan kolesterolmu terlalu rendah karena bisa mengakibatkan kondisi kesehatan lainnya, seperti keringat dingin dan kurang fokus. Daripada mendiagnosa diri sendiri yang belum pasti kebenarannya, sebaiknya kamu melakukan cek kesehatan untuk memastikan kadar gula darah kolesterolmu di laboratorium klinik terpercaya. Masih ragu karena khawatir soal biaya? Tak perlu pusing. Dengan Sompo, kamu bisa mendapatkan kesempatan melakukan cek kesehatan secara gratis bersama laboratorium klinik mitra kami, seperti Prodia.

*artikel diambil dari berbagai sumber