Cek Tips dan Trik untuk Aman Berkendara di Hari Raya!

/ / Uncategorized

Belum bisa mudik tahun ini karena pandemi, bukan berarti kamu tidak bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dengan seru! Kamu bisa memberikan kerabat dekat sebuah kunjungan kejutan tanpa turun dari mobil. Atau kamu bisa menghabiskan hari Lebaran dengan menusuri ruas-ruas jalan kota bersama keluarga. Apa pun itu, pastikan kamu berkendara dengan aman untuk menghindari hal-hal yan tidak diinginkan di perjalanan. Apa saja sih yang harus diperhatikan?

Jangan Ngantuk!

Kalau kamu yang mengemudi, pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan prima meskipun hanya untuk jalan-jalan di dalam kota. Sebelum pergi, perhatikan juga porsi makanmu. Jangan sampai kamu ngantuk di jalan karena kekenyangan.

Cek Jalur yang akan Dilalui

Biasanya jalanan cenderung lebih sepi saat Lebaran. Namun karena tahun ini mudik masih belum diperbolehkan, mungkin saja kondisi jalan akan padat. Jadi, tentukan rute yang mau kamu ambil sebelum berangkat. Jangan lupa cek aplikasi jalan raya untuk melihat apakah rutemu bebas macet atau tidak. 

Simpan Telepon Genggammu

Selama mengemudi, letakkan telepon genggammu. Kalau tidak punya penyangga telepon genggam di dalam mobil, jangan hiraukan semua pesan dan telepon yang masuk. Kamu bisa menghubungi kembali mereka setelah kamu tiba di tujuan. Ingat, keselamatanmu yang paling utama.

Semua Aman dan Nyaman

Detik-detik sebelum berangkat, pastikan posisi kaca spion dan kursi pengemudi sudah pas dan nyaman. Ingatkan juga semua penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman. Untuk kamu yang memiliki balita, pastikan car seat bayimu sudah terpasang dengan aman dan si kecil duduk dengan nyaman. Bawa mainan anakmu agar mereka tetap terhibur, terutama saat mobil terjebak macet. Lupa bawa mainan? Ajak mereka bernyanyi atau bermain “I spy with my little eye…” untuk menghilangkan bosan. Jangan lupa bawa bekal minum dan makan untuk di jalan ya.

Periksa Keamanan Mobil

Nah, ini poin yang paling penting: periksa kondisi kendaraanmu beberapa hari sebelum bepergian untuk memastikan keamananmu di jalan. Cek semua perangkat, mulai dari ban, aki, rem, oli sampai radiator. Pusing soal biaya? Di mitra bengkel SompoKini, kamu bisa memeriksakan mobilmu secara gratis, lho!

*artikel dari berbagai sumber