Hal-hal Baru yang Saya Dapatkan dari Menonton Olimpiade

/ / Health & Lifestyle, Uncategorized, Wellbeing

Olimpiade Tokyo 2021 ini mungkin pertama kalinya saya menonton ajang olahraga empat tahunan ini lebih rutin. Dan tidak terbatas hanya di cabang-cabang yang saya gemari atau ketika Indonesia bertanding saja. Tetapi hampir setiap ada kesempatan, saya akan mencari pertandingan apa yang sedang tayang dan iseng-iseng menonton.

Yang menarik, setelah beberapa hari terus-terusan menonton, saya mulai menyerap beberapa pengetahuan baru. Ini beberapa di antaranya:

1. Dedikasi

Baru diadakan setahun dari waktu seharusnya, tidak dibayangkan apa yang atlet-atlet ini harus lalui selama satu tahun terakhir. Mulai dari kecewa batal bertanding, terpaksa berlatih di rumah, terus menjaga kebugaran di tengah ketidakpastian kondisi. Melihat mereka yang akhirnya tiba di Tokyo dan bisa mewakili negaranya membuat saya kagum dengan keteguhan hati dan disiplin mereka.

2. Perbandingan bentuk tubuh

Bukan membandingkan yang terlihat jelas seperti atlet renang dengan atlet angkat besi ya. Misalnya atlet basket dan voli yang sekilas tampak serupa pun memiliki karakteristik yang berbeda. Basket lebih berotot karena sering beradu fisik, sementara  voli lebih ramping karena mengharuskan mereka melompat lebih sering dan mudah.

3. Kemajuan teknologi

Ini cukup membuat saya terkesima karena penggunannya untuk pengambilan keputusan dalam pertandingan-pertandingan saat ini. Mulai dari kamera high-speed, kamera mini, sampai program reka ulang canggih. Tayangan ulang lambat yang sebelumnya hanya untuk cuplikan estetis, sekarang menjadi penentu hasil akhir. Perdebatan bola masuk atau keluar di bermacam cabang pun bisa dikonfirmasi. 

4. Ramah lingkungan

Reputasi Jepang sebagai bangsa yang sadar kebersihan tidak perlu dipertanyakan. Tetapi ketika mereka menjadi tuan rumah, mereka menampilkannya ke level teratas. Mulai dari ranjang kardus untuk para atlet, medali yang dibuat dari bahan daur ulang, sampai transportasi berbahan bakar listrik ataupun fuel cell. Luar biasa.

5. Pengaruh penonton

Yang ini jelas kontras dengan perhelatan sebelum-sebelumnya. Sedih sekali melihat acara pembukaan Tokyo 2021 yang megah tapi tanpa riuh tepuk tangan penonton di stadion. Begitu juga di pertandingan yang terasa kurang bersemangat tanpa sorak sorai para pendukung.

Bagaimana dengan pengalaman kamu nonton Olimpiade di rumah? Ada ilmu baru yang kamu dapatkan?