Weightlift dan Weightloss

/ / Health & Lifestyle, Uncategorized, Wellbeing

Foto source : ©Vincenzo Pinto/AFP

Di Olimpiade kali ini, mungkin juga karena bertambahnya akses ke lebih banyak kanal untuk menonton, saya baru mengetahui bahwa Indonesia lumayan disegani di cabang angkat berat. Ada lima atlet di cabang ini yang ikut dibawa ke Tokyo, dari lima kelas yang berbeda. Hasilnya juga membanggakan: Eko Yuli Irawan kembali meraih perak, sementara dua juniornya, Windy Cantika dan Rahmat Erwin Abdullah masing-masing membawa pulang perunggu di Olimpiade perdana mereka.

Tapi tahukah kamu bahwa angkat berat adalah salah satu kunci menuju berat badan ideal yang kita cari selama ini? Nah ini yang saya baru pelajari beberapa waktu kemarin. Pandemi karena Covid-19 ini memang memaksa kita untuk merubah banyak kebiasaan. Banyak berdiam diri di rumah berakibat timbulnya bermacam efek samping pada tubuh kita. Diantaranya waktu istirahat yang berantakan, asam lambung, stres, dan yang paling umum terjadi, naik berat badan. Lalu apa hubungannya dengan angkat berat? 

Kalau untuk menghilangkan lemak, saya mencoba diet umum dengan mengurangi porsi makanan (defisit kalori) beserta olahraga untuk membantu membakarnya. Tetapi yang saya baru tahu adalah weightloss dengan diet semata tidak akan bertahan lama. Ternyata ini harus dibarengi dengan usaha untuk menaikkan metabolisme juga. Metabolisme adalah proses pengolahan segala macam nutrisi yang kita konsumsi menjadi energi. Energi tersebut menjadi bahan bakar agar tubuh dapat menjalankan semua fungsinya, seperti bernapas, bergerak, jantung berdetak, dan lainnya.

Setelah mencari tahu lebih banyak, ada banyak cara untuk menaikkan metabolisme, seperti dari makanan, olahraga, atau pola tidur. Yang paling mengejutkan adalah bahwa metode terbaik yang lebih cepat dan tetap sehat adalah membentuk otot! Tidak usah membayangkan memiliki bentuk tubuh superhero seperti binaragawan/wati ya. Cukup memiliki otot yang terbentuk dengan baik saja sudah akan menaikkan metabolisme secara otomatis, karena tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Bahkan ketika tidak melakukan aktivitas apa-apa! Jadi singkatnya, untuk mengecilkan badan, kita justru harus mengembangkan otot kita. Mindblown? Sama saya juga.

Ini membawa kita kembali ke pengamatan saya akan para atlet angkat berat tadi. Cara terbaik dan paling efektif untuk membentuk otot adalah dengan latihan beban. Jelas tidak harus sampai sekelas Eko, Windy dan Rahmat. Yang penting kita nikmati prosesnya, dan mencapai target berat badan idaman. Semangat!