Inspirasi dari Momen “Pertama Kali”

/ / Health & Lifestyle, Uncategorized, Wellbeing

Foto source : Reuters

Selain menonton banyak pertandingan olahraga, saya juga memperhatikan beberapa momen inspirasional selama musim Olimpiade ini. Terutama semua yang berhubungan dengan faktor “pertama kali”. Cabang olahraga surfing, skateboarding, climbing dan karate menjalani debutnya di ajang empat tahunan ini. Keseruan menonton juga memuncak ketika berbagai rekor dipecahkan. Emosi ikut diaduk-aduk ketika para atlet memenangkan pertandingan yang lebih dari sekadar simbol juara. Ekuador dan Uganda memiliki atlet wanita pemenang medali emas pertama. Filipina, Bermuda dan Qatar bahkan baru memenangkan emas pertama mereka sejak berpartisipasi puluhan tahun lalu. Begitupun Turkmenistan dan San Marino yang akan membawa pulang medali pertama mereka sepanjang sejarah keikutsertaannya. Bayangkan kebahagiaan yang dirasakan para atlet dan negara yang diwakilinya.

Tetapi dari semuanya, tidak ada yang lebih menggerakkan hati kita daripada kemenangan ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu meraih medali emas pertama di cabang tersebut. Greysia otomatis langsung menjadi idola dan inspirasi saya. Karena momen tersebut tidak hanya menjadi akhir indah dari petualangannya di tiga edisi Olimpiade. Tetapi semangat tanpa menyerahnya memang patut berbuah manis. Didiskualifikasi di London 2012, kalah di perempat final Rio 2016, ditinggal pensiun dua rekannya, dua kali juga hampir mau menyerah. Greysia bergeming, berangkat ke Tokyo dengan pasangan yang 10 tahun lebih muda serta status tanpa unggulan. Nyatanya, dia mengalahkan pasangan nomor satu, dan melaju terus sampai puncak.

Seringkali di tengah karantina mandiri saya merasa depresi. Apalagi di awal-awal tahun lalu, ketika rasanya ada banyak masalah yang datang bertubi-tubi dan hampir bersamaan. Di tengah kondisi pandemi yang serba sulit, sosok seperti Greysia Polii bisa menjadi simbol harapan. Keadaan sulit akan selalu ada. Tetapi kerja keras dan dedikasi akan selalu ada hasilnya. Banyaknya kemenangan pertama dan rekor yang dipecahkan juga saya jadikan inspirasi untuk tidak pernah berhenti mencoba.Jika terasa lelah, paling tidak tetap satu langkah demi langkah. Jika masih kuat, dorong untuk melakukan satu langkah lebih banyak. Yang penting tidak pernah berhenti.