Ingin Belajar di Luar Negeri? Cek Dulu Tips Ini

/ / Wellbeing

Belajar di luar negeri butuh banyak persiapan. Tak cuma dana, mental dan wawasan pun perlu disiapkan. Di luar negeri, pelajar harus belajar hidup mandiri sendiri. Tantangannya tentu berat, tapi pengalaman ini akan sangat berarti buat pertumbuhan pribadi di masa yang akan datang.

Beradaptasi dengan tempat yang asing dengan budaya baru dan gaya hidup berbeda mungkin awalnya akan terasa sulit. Tapi, semua pengalaman ini nantinya akan membantu membuka pikiran sehingga kemampuan dan keterampilan interpersonal pun akan jauh berkembang.

Tips Mencari Beasiswa Untuk Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri butuh banyak biaya. Bukan cuma uang kuliah, tapi juga biaya hidup sehari-hari yang tidak sedikit. Mencari beasiswa bisa jadi salah satu solusinya. Cara-cara berikut ini bisa dicoba.

Beasiswa dari pemerintah

Beasiswa pemerintah merupakan salah satu cara yang biasa dicari. Dari DIKTI misalnya, pemerintah menyediakan beasiswa yang termasuk biaya kuliah, tiket pergi-pulang, juga biaya hidup selama kuliah. Beasiswa juga bisa didapat dari pemerintah negara tujuan lho. Caranya, harus rajin mengecek website kedutaan negara yang dituju karena di sana biasanya tercantum informasi yang dibutuhkan seputar beasiswa. 

Beasiswa dari pihak swasta

Beberapa perusahaan besar biasanya juga menyediakan beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Cobalah cari informasinya di website perusahaan-perusahaan besar yang biasa memberikan beasiswa.

Pertukaran Pelajar

Cara ini bisa dicoba untuk merasakan kuliah di luar negeri. Biasanya, prestasi di kampus jadi salah satu syaratnya. Nilai akademis dan keaktifan berorganisasi juga menjadi hal yang sangat dipertimbangkan.

Program Relawan

Mengikuti program relawan juga bisa menjadi salah satu cara untuk belajar di luar negeri. Salah satu organisasi yang banyak mengirim anggotanya untuk ikut program relawan adalah AIESEC. Mahasiswa yang ikut program relawan AIESEC akan dikirimkan ke berbagai negara dan melakukan beragam kegiatan sosial. Sertifikasi dari program ini sangat berguna untuk mengikuti tes beasiswa di luar negeri nantinya.

*artikel diambil dari berbagai sumber